Articles

Mengenal 5 Jenis Pisau Dapur dan Fungsinya

Ada berbagai jenis pisau dapur yang digunakan untuk membantu proses memasak. Tiap pisau memiliki fungsi berbeda dalam mengiris dan memotong bahan makanan.

Menciptakan masakan lezat adalah impian semua orang yang bekerja di dapur. Namun orang lebih sering memikirkan tentang kesegaran bahan atau pemilihan bumbu yang tepat.

Orang-orang tidak terlalu memperhatikan jenis pisau yang mereka gunakan. Setiap mata pisau dianggap sama. Padahal, itu dapat mempengaruhi kenyamanan Anda dalam memasak.

Imbasnya, kesalahan memilih jenis pisau akan mengganggu proses memasak. Jika Anda ingin mendalami teknik memasak, maka mengenal berbagai jenis pisau dan fungsinya merupakan hal dasar dan penting untuk dipahami.

Daftar Berbagai Jenis Pisau Dapur dan Fungsinya

Pisau adalah salah satu alat masak yang wajib ada berada di dapur. Kegunaannya untuk mengolah berbagai macam bahan makanan, mulai dari sayur, daging, buah, hingga rempah-rempah cita rasa makanan terasa sempurna.

Namun, kebanyakan orang hanya menggunakan 1 atau 2 jenis pisau di dapur. Padahal, untuk menangani bahan makanan tertentu, Anda membutuhkan jenis pisau berbeda.

Dengan kata lain, masakan sempurna membutuhkan kualitas alat potong yang baik. Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap, berikut ini penjelasan jenis pisau dapur dan fungsinya.

1. Chef’s Knife (Pisau Serbaguna)

Chef’s Knife atau yang biasa dikenal sebagai pisau serbaguna merupakan jenis alat potong yang umum dimiliki semua orang di dapur.

Jenis pisau ini digunakan untuk mengupas sayuran, buah hingga daging. Selain itu, ciri utama dari Chef’s Knife adalah panjangnya sekitar 15-30 cm.

Akan tetapi, jenis pisau dapur ini punya kelemahan. Chef’s Knife karena sukar digunakan untuk memotong bahan olahan keras seperti tulang.

Jadi,  Anda membutuhkan bantuan jenis pisau dapur yang lainnya untuk menangani bahan yang satu ini.

2. Paring Knife (Pisau Pengupas)

Paring knife merupakan jenis pisau yang memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan Chef’s Knife yaitu hanya sekitar 10-17 cm saja.

Paring knife berfungsi untuk mengupas buah, membuka kulit udang hingga mencincang bahan-bahan masakan seperti bawang maupun jenis rempah-rempah lainnya.

Desain dan ukurannya yang kecil memudahkan Anda memotong bahan makanan dengan lebih fleksibel. Tidak hanya untuk mengupas buah dan sayur, paring knife juga dapat digunakan untuk mengukir bentuk bahan makanan sebagai hiasan pada hidangan.

3. Bread Knife (Pisau Roti)

Sesuai dengan namanya, bread knife sengaja dirancang sebagai pisau untuk memotong roti atau kue. Ciri khas pisau ini adalah tekstur gerigi kecil pada bagian pemotongnya dan bentuknya yang panjang yaitu sekitar 12,5 – 30 cm.

Desain bread knife dibuat untuk menjaga bentuk roti tidak hancur ketika dipotong dan memberikan hasil potongan yang lebih halus dan lembut.

Selain untuk roti, gerigi pisau bread knife dapat digunakan untuk memotong sayuran agar menghasilkan tekstur kulit yang licin seperti mentimun, tomat dan juga terong.

4. Chinese Cleaver

Berbeda dengan jenis pisau dapur lainnya, Chinese Cleaver memiliki bentuk persegi dengan desain yang lebih kokoh, lebar dan kuat sehingga mampu untuk mencincang dan memotong daging maupun tulang dengan lebih mudah.

Jenis pisau pemotong daging Chinese Cleaver dikenal sebagai ‘golok’ di Indonesia dan memiliki ukuran sekitar 18 cm. Hal ini mampu mencincang daging tebal hingga memotong tulang seperti ayam dengan lebih optimal.

Selain itu, beberapa orang juga menggunakan Chinese Cleaver untuk mememarkan rempah-rempah jahe dan bawang putih lebih tepat dibandingkan dengan menggunakan jenis pisau lainnya.

5. Kitchen Scissor (Gunting Dapur)

Terakhir, alat potong lainnya yang juga memiliki fungsi yang hampir serupa dengan pisau dapur pada umumnya yaitu adalah Kitchen Scissor. Fungsi utama alat ini adalah dapat menggunting kemasan maupun memotong bahan makanan menjadi ukuran yang lebih kecil dengan lebih simpel seperti daun bawang tanpa membutuhkan talenan.

Itulah 5 jenis pisau dapur dan fungsinya yang perlu Anda ketahui untuk membuat hidangan yang disajikan menjadi lebih istimewa. Lalu, Anda sudah memiliki pisau mana saja?

Back to list

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *